-->

Minggu, 19 September 2010

Mengenal Isotretinoin Berdasarkan Asal Usul, Fungsi dan Efek Sampingnya

Apa itu Isotretinoin?


Isotretinoin adalah suatu retinoid. yang berarti bahwa Isotretinoin berasal dari Vitamin A. Nama kimia Isotretinoin adalah asam retinoic 13-cis. Isotretinoin adalah obat yang sangat efektif untuk jerawat. Hal ini biasanya diresepkan untuk mengobati jerawat parah ketika terapi lain gagal. Pemberian Isotretinoin harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena dapat menyebabkan cacat lahir pada janin. Saat anda memutuskan untuk mengambil Isotretinoin, anda harus selalu berhubungan dengan dokter dan melaporkan setiap efek samping yang anda alami. Anda juga harus membahas mengenai kemungkinan kehamilan dengan dokter anda jika anda sedang aktif secara seksual. Isotretinoin pada umumnya memberikan bantuan dalam mengatasi jerawat parah dan merupakan obat pilihan untuk pasien penderita jerawat yang mungkin telah kehilangan harapan.

Resep


Isotretinoin diresepkan untuk pengobatan jerawat. Isotretinoin bekerja dalam mengobati jerawat dengan menyusutnya kelenjar sebaceous dan mengurangi produksi sebum. Isotretinoin adalah anti-inflamasi dan mampu menghilangkan komedo. Kulit kering dan selalu dirawat akan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat. Isotretinoin yang diresepkan hanya diberikan dokter pada kasus jerawat parah, jaringan parut jerawat, jerawat sedang yang tidak ada hubungan dengan obat-obatan lain dan setiap kasus jerawat lainnya di mana dokter merasa bahwa Isotretinoin harus diresepkan untuk menghilangkan jerawat. Isotretinoin juga dapat digunakan untuk beberapa kondisi lain yang mencakup-folikulitis, seborrhoea, chloracne dan penyakit lainnya yang terlihat seperti jerawat.

Dosis Isotretinoin sendiri diberikan tergantung pada tingkat keparahan jerawat, berat badan, dan perawatan lain yang digunakan pada saat yang sama. Dokter anda adalah orang terbaik dalam memutuskan tentang dosis yang akan diberikan. Biasanya pengobatan dimulai dengan dosis kecil terlebih dahulu. Dokter juga harus memantau selama periode ini dan jika mereka menemukan bahwa pasien tidak mengalami peningkatan kesembuhan (obat tidak bekerja), dokter dapat menghentikan terapi. Isotretinoin dibutuhkan untuk membantu penyerapan lemak dalam tubuh, yang diambil setelah makan.


Efek samping-efek samping yang umum terjadi akibat penggunaan Isotretinoin adalah mulut kering, hidung kering, penipisan rambut, kelelahan, kulit kering, mata gatal merah, bibir sakit, dan hal serupa lainnya. Jika Anda mengalami efek samping lain seperti nyeri otot, sulit berjalan, muntah depresi dll silakan berkonsultasi dengan dokter anda segera. Silakan membahas tentang efek samping dengan dokter . Harap dicatat bahwa anda mungkin tidak dapat memakai lensa kontak anda untuk beberapa waktu di awal pengobatan dengan Isotretinoin. Anda juga tidak seharusnya menyumbangkan darah setiap kali anda mengambil Isotretinoin dan selama satu bulan setelah anda berhenti mengkonsumsinya. Anda juga harus memberitahu dokter tentang obat atau vitamin yang anda konsumsi. Anda tidak seharusnya mengambil obat tanpa konsultasi dokter jika mengambil Isotretinoin.


Isotretinoin dan Kehamilan

Isotretinoin dapat menyebabkan cacat serius pada janin. Oleh karena itu beritahukan dokter anda jika sedang hamil. Beri tahu juga kepada dokter jika bermaksud menggunakannya dalam keadaan hamil atau menyusui. Anda harus menguji diri terhadap kehamilan sebelum menggunakan Isotretinoin dan terus semakin diuji ketika mengambil Isotretinoin. Dokter akan menjelaskan rinciannya untuk anda. Jika anda hamil sewaktu menggunakan Isotretinoin maka anda harus berhenti minum dan hubungi dokter sesegera mungkin. Anda harus mengadopsi dua metode yang dapat diandalkan KB selama satu bulan sebelum mengambil Isotretinoin, lalu saat mengambil Isotretinoin dan sampai setelah satu bulan berhenti Isotretinoin. Anda harus berkonsultasi dengan dokter kandungan dan dokter kulit secara detail sebelum mengambil Isotretinoin.

Artikel ini hanya sebagai tujuan informatif. Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai saran medis dan bukan merupakan pengganti saran medis profesional. Silahkan konsultasikan dengan dokter untuk masalah kesehatan anda. Silakan mengikuti setiap ujung yang diberikan dalam artikel ini hanya setelah anda berkonsultasi dengan dokter anda. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil atau kerusakan akibat dari informasi yang diperoleh dari artikel ini.

sumber referensi : 
http://www.readbud.com/Articles/Acne/Acne-Treatment_45_-Isotretinoin, http://www.familydoctor.co.nz/images/articles/3300/content3.jpg, http://econnect.uspharmacist.com/CMSImagesContent/2007/4/407_Isotretinoin1.jpg, http://www.eurodrugstore.eu/drug_img/isotretinoin__230_big.jpg


10 komentar:

  1. Wahh terima kasih atas informasinya. walau sy agak bingung soall farmasi.. hehe

    BalasHapus
  2. Dokter menyarankan saya untuk meminum obat ini. Dia juga mengatakan efek samping seperti yang dijelaskan di atas. Saya agak takut dengan efek samping sulit berjalan, muntah, depresi, (dokter saya tidak menjelaskan tentang ini) karena mobilitas saya yang lumayan tinggi. Apa ES itu memang sering terjadi?

    Terima kasih,

    BalasHapus
  3. terima kasih banyak sudah berbagi,.
    moga sukses selalu.
    jika ingin tau profil saya silahkan kunjungi..
    click this

    BalasHapus
  4. klaw misalx pake obat ini tpi gk pake konsultasi dokter gmna?/

    BalasHapus
  5. Sudah dijelaskan sebelumnya jika:

    Artikel ini hanya sebagai tujuan informatif. Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai saran medis dan bukan merupakan pengganti saran medis profesional. Silahkan konsultasikan dengan dokter untuk masalah kesehatan anda. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil atau kerusakan akibat dari informasi yang diperoleh dari artikel ini.

    Terima kasih sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  6. untuk dosis gimana??
    ijin publish gan....

    BalasHapus
  7. bagus mba infonya..mantaap

    BalasHapus
  8. koq diiso gag da yaahh nama oatennya...
    jdii bingung moo belinya dmn.....
    yg tauu nama paten ri isotretinoin...kasiih tauu doonkkk

    BalasHapus
  9. jika obat ini terlalu bahaya,,coba aja obat vitacid bbentuk salep,,obat ini evektif,tpi juga punya banyak pantangannya,,,ada dosis terendah sampai dosis tinggi yaitu 0.025/0.05/0.1,,jika pgen share,klik aja fb ane,,,bbflovers@gmail.com

    BalasHapus
  10. Untuk kulit berminyak dengan bekas jerawat yg merah2 apa bisa mengkonsumsi isotretionin?

    BalasHapus

Silahkan memberikan tanggapan/komentar anda dikotak komentar dibawah ini, mohon tidak melakukan spam dalam komentar.

 
Iklan Jawa Pos | Toyota Insurance | Trainingsgerate