-->

Kamis, 01 Juli 2010

Menahan Bersin ternyata berbahaya!

Saat anda sedang terlibat perbincangan serius dalam sebuah pertemuan penting atau berada di ruang yang sepi, beberapa orang lebih suka untuk menahan bersin. Mulai sekarang, sebaiknya hentikan kebiasaan menahan bersin tersebut karena bisa berbahaya bagi kesehatan anda.

Beberapa orang mencoba menahan bersin dengan cara menekan hidung mereka sehingga keinginan untuk bersin menjadi hilang dengan sendirinya. Nyatanya menahan bersin justru bisa menjadi masalah yang serius  lho jika sering kita lakukan.


Diketahui bahwa kecepatan bersin yang dimiliki manusia adalah 161 km/jam, sehingga jika seseorang menahan untuk bersin maka tubuh harus menahan kecepatan tersebut secara tiba-tiba. Hal ini sudah pasti akan mempengaruhi fungsi tubuh kita dan menyebabkan kuman yang seharusnya dikeluarkan malah masuk kembali teman-teman.

"Bersin merupakan kegiatan yang positif karena memiliki fungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut dan tenggorakan) dan ini adalah hal yang baik, sedangkan menahan bersih justru berbahaya karena bisa menimbulkan beberapa risiko,' ujar Dr Michael Roizen, kepala Wellness Officer Clevelend Clinics, seperti dikutip dari Doctoroz.com.

Roizen mengungkapkan ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika seseorang menahan bersin yaitu:
  1. Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung
  2. Mimisan
  3. Pecah gendang telinga
  4. Gangguan pendengaran
  5. Vertigo
  6. Retina yang terlepas atau mengalami emfisema.
Cedera yang ditimbulkan apabila terlalu sering menahan bersin umumnya mempengaruhi struktur bagian dalam kepala.
Emfisema adalah suatu keadaan yang bisa menyerang anak-anak ataupun orang dewasa, kondisi ini sangat berbahaya dan punya potensi mematikan karena bisa membatasi pasokan udara. Tanda-tanda yang muncul biasanya wajah atau leher yang membengkak dan timbul rasa ketidaknyamanan.
Ketika seseorang bersin biasanya diikuti oleh keluarnya bakteri atau kuman dari dalam tubuh. Hal ini berfungsi untuk menjaga hidung agar tetap bersih, karenanya seringkali bersin terjadi secara berulang.
Nah, sekarang kita sudah tahu kan bahayanya?? jadi.. jangan kebiasaaan menahan bersin, selain tidak nyaman, dampaknya juga besar. Tapi jangan lupa satu hal untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan, tisu, sapu tangan atau lekukan lengan ketika bersin, supaya bakteri dan kuman yang keluar tidak membahayakan orang lain..
Sumber :
ver/ir - health.detik.com dan http://ingatini.blogspot.com/


2 komentar:

Silahkan memberikan tanggapan/komentar anda dikotak komentar dibawah ini, mohon tidak melakukan spam dalam komentar.

 
Iklan Jawa Pos | Toyota Insurance | Trainingsgerate