-->

Selasa, 27 Juli 2010

Pola Pikir Orang Sukses

"Sukses" , sebuah kata yang diidam - idamkan oleh setiap orang, semuanya mendambakan kesuksesan, hal ini merupakan sifat dasar manusia dimana kita selalu menginginkan kebahagiaan. Nah, sekarang bagaimana cara kita untuk mewujudkan mimpi kita itu? Apa sih kira - kira yang membedakan kita dengan orang - orang yang sukses dalam hal berpikir?

AJ Hendro Sugianto dalam bukunya ”Banyak Cara Menjadi Kaya” menyimpulkan empat pola pikir orang sukses, yaitu:

  
Sukses tidak ditentukan oleh nasib

Nasib seseorang ternyata sangat dipengaruhi oleh setiap tindakan yang dilakukannya. Tentu saja tindakan-tindakan tersebut digerakkan oleh pola pikirnya. Menjadi orang sukses dan kaya atau menjadi orang gagal dan miskin bukanlah karena nasib, melainkan karena pola pikir dan tindakannya yang berakibat pada keadaannya saat ini. Untuk menjadi sukses dan kaya, seseorang harus berkemauan keras dan berusaha secara konsisten dari waktu ke waktu. Untuk mencapai kesuksesan yang besar, anda harus meniru cara berpikir  dan cara kerja orang sukses, yaitu dimulai dengan sukses-sukses kecil setiap waktu dan dilandasi banyak kemampuan yang akan mempermudah jalan menunju kesuksesan tersebut.


Sukses adalah suatu kebiasaan

Orang sukses menjadikan sukses sebagai suatu kebiasaan yang harus dijalaninya setiap saat. Baginya, sukses bukanlah suatu DESTINATION (tujuan akhir), tetapi sebuah proses perjalanan. Setiap keputusan dan tindakan jitu yang dilakukannya sudah merupakan sukses. Dalam rutinitas sehari-hari, orang sukses akan banyak mendapatkan sukses-sukses yang terkumpul menjadi sukses yang besar. Sukses besar tidak dihasilkan hanya dari satu keputusan dan satu tindakan saja, melainkan merupakan akumulasi dari setiap sukses yang Anda peroleh sehari-hari. Dengan demikian, sukses adalah suatu kebiasaaan positif dalam hidup seseorang.


Kegagalan adalah bagian dari sukses

Orang sukses memandang kegagalan yang dialaminya sebagai bagian dari kesuksesan, sehingga hal tersebut tidak membuatnya jera dan menghalangi peluang sukses di masa yang akan datang. Kegagalan hanyalah suatu kesuksesan yang tertunda. Justru dengan suatu kegagalan yang dialaminya, ia akan memperoleh tambahan pengalaman, semakin aman, dan bertambah jauh lebih matang. Ia bertambah gigih dan berhasil. Sebaliknya, orang gagal akan memadang pengalaman gagalnya sebagai suatu trauma yang membuatnya menjadi jera dan takut untuk memulai dan mencobanya lagi.




Orang sukses selalu berorentasi kepada solusi

Dalam hidup ini, setiap orang tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah. Orang sukses yakin bahwa di balik sebuah permasalahan pasti terdapat peluang dan juga solusinya. Pola pikir seperti inilah yang membuatnya tahan uji dan tak mudah menyerah. Sebaliknya, orang gagal akan memandang adanya sebuah masalah baru pada setiap solusi akan yang dibuatnya. Akibatnya, orang gagal cenderung pesimistis dalam menanggapi setiap peluang,. Ia lebih memilih status quo yang dirasa paling aman baginya. Orang gagal biasanya takut mencoba. Baginya lebih baik berdiam diri daripada mencoba dan gagal.

Nah, ternyata orang sukses itu memiliki jalan pikiran yang selalu positif, mereka tidak pesimis terhadap menjalani hidup, dan mereka selalu optimis dan yakin terhadap langkah - langkah yang akan mereka tuju dan raih. Apakah anda siap mencobanya? Semoga kesuksesan menanti anda semua..


Sumber referensi:
http://lifestyle.okezone.com/read/2010/07/18/198/354063/mengintip-4-pola-pikir-orang-sukses


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan tanggapan/komentar anda dikotak komentar dibawah ini, mohon tidak melakukan spam dalam komentar.

 
Iklan Jawa Pos | Toyota Insurance | Trainingsgerate