-->

Jumat, 04 Juni 2010

Beberapa Fakta Tentang Infeksi Chlamydia

Chlamydia adalah salah satu penyakit menular seksual yang paling umum, khususnya di kalangan remaja.Di Amerika Serikat, setidaknya 3 juta orang terinfrksi Chlamydia setiap tahunnya, penyakit ini menyerang baik pada pria maupun wanita. Kebanyakan wanita tidak mengetahui mereka terinfeksi Chlamydia, saat gejala ini timbul mungkin masih dalam tahap ringan dan akan pergi dalam beberapa hari, gejala yang tampak tidak akan terjadi kecuali sudah memasuki tahap yang berat, beberapa cirri gejala tersebut adalah; discharge vagina, menstruasi yang tidak teratur, , nyeri perut bagian bawah.

Infeksi Chlamydia dapat menular melalui oral, anal atau hubungan kelamin. Bisa juga menular kepada bayi pada wanita yang sedang hamil. Komplikasi pada perempuan ini meliputi Penyakit inflamasi panggul (PID). Chlamydia biasanya menginfeksi vagina dan leher rahim, tetapi infeksi dapat naik dan melibatkan rahim dan juga saluran tuba, peningkatan risiko tertular HIV, Kebutaan yang disebabkan oleh Trachoma yang merupakan infeksi mata parah yang berasal dari Chlamydia yang masuk ke mata; Lymphogranuloma venerum yang menyebabkan membukanya luka di daerah genital dan pembengkakan kelenjar getah bening, dan sindrom Reiter yang merupakan bentuk arthritis. Seorang ibu dengan infeksi Chlamydia aktif beresiko untuk menyebabkan bayi mendapatkan infeksi mata dan pneumonia yang ditularkan melalui saluran vagina pada saat sedang hamil.

Infeksi ini dapat didiagnosis melalui pemeriksaan panggul dan usap vagina untuk memeriksa adanya organism penyebab infeksi. Jika anda memiliki gejala penyakit semacam ini, maka praktisi kesehatan akan menguji hal tersebut. CDC menyarankan untuk pasien agar melakukan  tes skrining klamidia tahunan, yaitu melalui pemeriksaan panggul dan vagina, pada semua wanita yang aktif secara seksual di bawah usia 25 tahun dan untuk wanita di atas usia 25 tahun yang memiliki pasangan seks yang baru atau beberapa. Chlamydia dapat diobati menggunakan obat antibiotic, jadi jika anda memiliki Chlamydia, maka penting untuk mengambil antibiotik yang diperlukan  tersebut yang ditentukan dan dianjurkan untuk menyelesaikan setiap tindak lanjut praktisi tes kesehatan. Penting juga bagi pasangan seksual anda, bahwa anda dapat kembali menginfeksi satu sama lain.

Karena ditularkan secara seksual, jelas pantang melakukan seks dengan pasangan yang tidak terinfeksi guna mencegah infeksi tersebut menular. Chlamydia adalah ancaman kesehatan yang sangat serius karena menyebar dan dapat menyebabkan komplikasi yang serius pada penderita. Kebanyakan orang bahkan tidak tahu apakah mereka terinfeksi atau tidak, dan penyakit ini terutama banyak terjadi di kalangan remaja. Jadi, BERHATI-HATILAH!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan tanggapan/komentar anda dikotak komentar dibawah ini, mohon tidak melakukan spam dalam komentar.

 
Iklan Jawa Pos | Toyota Insurance | Trainingsgerate